INFORMASI TUGAS AKHIR

Tugas Akhir adalah karya tulis mahasiswa yang menunjukkan proses berpikir ilmiah, kreatif integratif, dan sesuai dengan disiplin ilmunya yang disusun untuk memenuhi persyaratan untuk memperoleh gelar kesarjanaan program Strata 1 (S1). Tugas Akhir adalah laporan hasil penelitian disetujui oleh Dosen Pembimbing dan Persetujuan Dewan Penguji sesuai dengan sistematika penulisan.

 

Persyaratan Pengajuan Tugas Akhir

Persyaratan pengajuan Tugas Akhir sebagai berikut.

  1. Mahasiswa berstatus aktif dan tidak berstatus cuti.
  2. Mahasiswa telah lulus minimal 120 sks, dibuktikan dengan transkip sementara yang telah didapat dan disetujui oleh Ketua Program Studi.
  3. Nilai D maksimal hanya 8 % pada 120 sks tersebut.
  4. Mempunyai Indeks Prestasi Kumulatif Minimal 2,00 (dua koma nol) pada 120 sks tersebut.

Prosedur Pengajuan dan Pelaksanaan Tugas Akhir

Pengajuan dan pelaksanaan Tugas Akhir dilaksanakan sebagai berikut.

  1. Mahasiswa melampirkan proposal Judul Tugas Akhir (lihat sistematika penulisan proposal judul Tugas Akhir). Berkas dimasukkan dalam map berwarna Biru (Teknik Informatika) yang ditujukan kepada Ketua Program Studi, dilampirkan Kartu Rencana Studi yang berisi Mata Kuliah Proposal Tugas akhir, Transkip Nilai Sementara dengan minimal 120 SKS.
  2. Waktu proposal Tugas Akhir paling cepat 1 (satu) Bulan setelah perkuliahan proposal Tugas Akhir dimulai dan paling lambat sebelum perkuliahan proposal Tugas Akhir berakhir.
  3. Ketua Program Studi menentukan Koordinator dan Anggota Tim Tugas Akhir
  4. Ketua Program Studi menentukan waktu rapat Tim Tugas Akhir, dalam rangka evaluasi pengajuan judul Tugas Akhir.
  5. Tim Tugas Akhir mengevaluasi pengajuan judul Tugas Akhir sesuai dengan kriteria kelayakan judul/topik penelitian, di koordinir oleh koordinator Tim Tugas Akhir.
  6. Tim Tugas Akhir menyerahkan hasil evaluasi pengajuan judul Tugas Akhir kepada Ketua Program Studi.
  7. Ketua Program studi menetukan dosen pembimbing untuk judul Tugas Akhir mahasiswa yang dinyatakan layak diterima.
  8. Ketua Program Studi menyerahkan nama-nama pembimbing kepada BAUK untuk dibuatkan Surat Keputusan (SK) Ketua STITEK Bontang.
  9. Bagian Administrasi Program Studi mengumumkan judul Tugas Akhir beserta dengan dosen pembimbing.
  10. Mahasiswa yang proposal Tugas Akhir nya diterima mengambil buku panduan dan lembar aktifitas Tugas Akhir di Bagian Administrasi Program Studi.
  11. Mahasiswa melaksanakan penelitian yang dibimbing oleh dosen pembimbing, sampai pelaksanaan seminar hasil dan ujian sidang Tugas Akhir.

Batas Waktu Pelaksanaan

Batas waktu pelaksanaan Tugas Akhir diatur sebagai berikut.

  1. Jangka waktu pelaksanaan Tugas Akhir maksimal 1 tahun sejak mahasiswa memasukkan mata kuliah Tugas Akhir pada Kartu Rencana Studi (KRS).
  2. Perpanjangan waktu pelaksanaan Tugas Akhir dilakukan setiap semester dengan cara memasukkan lagi mata kuliah Tugas Akhir dalam KRS.
  3. Jika dalam jangka waktu 1 tahun mahasiswa tidak mampu menyelesaikan Tugas Akhir, maka mahasiswa harus mengajukan judul baru dan mengulang proses peyusunan Tugas Akhir.

Sistematika Penulisan Proposal Judul Tugas Akhir

               Pengajuan Judul Tugas Akhir maksimal 3 judul yang dapat dilampirkan dalam proposal Tugas Akhir. Sistematika penulisan pegajuan Judul Tugas Akhir sebagai berikut.

  1. Halaman judul
  2. Latar Belakang Masalah
  3. Tujuan Penelitian
  4. Lokasi Penelitian
  5. Jadwal Penelitian

Kriteria Judul yang diterima

Judul yang layak untuk diterima adalah dengan kriteria:

  1. Ide/Topik/Tema yang baru dan sejalan dengan perkembangan teknologi.
  2. Merupakan pengembangan dari penelitian sebelumnya.
  3. Memiliki basis teori pada bidang informatika dan komputer.
  4. Memiliki nilai manfaat bagi kalangan informatika dan masyarakat.
  5. Memperkaya kajian ilmu pengetahuan dan teknologi.
  6. Merupakan karya inovatif yang efektif dan efisien.
  7. Secara logis dapat diselesaikan oleh mahasiswa peserta Tugas Akhir dan paling lama 1 tahun.

Kriteria Judul yang ditolak

Beberapa kriteria usulan judul Tugas Akhir yang ditolak sebagai berikut.

  1. Sama atau mirip dengan penelitian yang pernah dilakukan orang lain dalam Tugas Akhir, Artikel Ilmiah, Karya Ilmiah dan lainnya.
  2. Tidak adanya keterkaitan dengan teori dan pembahasan pada bidang Teknik Informatika.
  3. Tidak adanya nilai dan manfaat bagi kalangan teknologi informatika dan masyarakat.
  4. Tidak memperkaya kajian ilmu pengetahuan dan teknologi.
  5. Tidak merupakan karya inovatif yang efektif dan efisien.
  6. Dibutuhkan waktu lama diatas 1 tahun untuk dapat diselesaikan oleh mahasiswa.

A PHP Error was encountered

Severity: Core Warning

Message: PHP Startup: Unable to load dynamic library '/opt/alt/php71/usr/lib64/php/modules/tideways.so' - /opt/alt/php71/usr/lib64/php/modules/tideways.so: cannot open shared object file: No such file or directory

Filename: Unknown

Line Number: 0

Backtrace: