RAIH GELAR SARJANA USAI GUNAKAN METODE TOPSIS DAN TEKNIK BORDA PADA GROUP DECISION SUPPORT SYSTEM

Mahasiswa Prodi Teknik Informatika STITEK Bontang, Siti Nurlela Sari Anas telah menyelesaikan Tugas Akhir dengan membuat sebuah Sistem Pendukung Keputusan Kelompok untuk menentukan Judul Tugas Akhir. Penelitian dilakukan di Program Studi Teknik Informatika untuk menyeleksi Proposal Tugas akhir yang akan diterima sebagai Judul Tugas Akhir Mahasiswa Prodi Teknik Informatika. Dalam membuat sistem ini, Siti Nurlela Sari Anas menggunakan dua metode DSS yaitu metode Topsis untuk melakukan perengkingan masing-masing dosen dalam menilai Proposal Tugas Akhir yang dikirim mahasiswa dan metode Borda untuk melakukan perhitungan akhir berkelompok dari untuk menentukan hasil Proposal Tugas Akhir diusulkan diterima atau tidak.

Kesimpulan dari penelitian yang dilakukan menyatakan bahwa Sistem yang dibuat  mampu memberikan rekomendasi peringkat Judul Tugas Akhir yang diusulkan berdasarkan bobot tertinggi dan beberapa kriteria tertentu dan disesuaikan dengan passing grade yang telah ditetapkan. Harapan dengan adanya sistem ini, tim pengambil keputusan lebih mudah dalam menentukan Judul Tugas Akhir yang diajukan oleh mahasiswa.

Penelitian ini telah dipertahankan didepan para Dewan Penguji pada pendadaran Kamis 22 Oktober 2020. Dewan Penguji pada pendadaran ini, Rio Jumardi S.T., M.Eng., selaku Ketua Dewan Penguji, Nur Imansyah, S.Kom., M.Kom. selaku Sekretaris Dewan Penguji, Lapu Tombilayuk, S.Kom., M.T. selaku Penguji 1  serta Zaini, S.Pd., M.Pd. selaku Penguji 2. Hasil penilaian dari para Dewan Penguji adalah Siti Nurlela Sari Anas dinyatakan Lulus dan mendapatkan nilai Sangat Baik. Dengan demikian mahasiswa tersebut  telah menyelesaikan syarat yang harus ditempuh untuk memperoleh gelar Sarjana Komputer (S.Kom.) pada Teknik Informatika Sekolah Tinggi Teknologi Bontang.

 

Penulis : Hikmatus Soliha